Segmentasi Pasar

Ada 3 hal yang akan kami perhatikan dalam segmentasi pasar ini,dimana ini akan menentukan masa depan usaha kami nanti.
1. Secara Geografis
Ini berhubungan dengan wilayah atau tempat kami nanti membuat pasar atau usaha.Dimana menurut kami, kami sudah memilih tempat yang sesuai untuk membuka usaha waralaba ini.Karena secara geografi tempat ini sangatlah ramai dan mudah sekali di kunjungi dengan kendaraan umum dan juga pribadi.Selain itu yang terpenting bagi kami tempat ini menjadi sangat akrab dengan produk yang nanti kami akan buat yaitu serabi. Karena tempa ini setiap paginya banyak sekali yang menjual serabi dan banyak sekali pembeli yang datang untuk menikmati serabi khas jawa barat ini.Jadi kami optimis sekali kalau usaha kami ini akan sukses walau mungkin tetap butuh yang namanya perjuangan extra untuk menaklukan hati para masyarakat setempat untuk beralih ke produk kami ini.

2. Secara Demografis
Ini merupakan segmentasi yang berkaitan dengan kpendudukan.Dala hal ini kami akan melakukan analisa terkait dengan masalah kependudukan yaitu dengan cara melihat dan riset kepada para pembeli ataupun penikmat serabi.Nanti hasilnya kami akan coba simpulkan dimana kami akan melihat beberapa hal dalam hasil riset tersebut.Pertama kami coba lihat perkiraan umur yang menikmati serabi ini dan kami mendapatkan bahwa penikmat makanan khas serabi ini mulai dari umur 6 tahun sampai 60 tahun.Ini dikarenan kan, karena makanan ini menjadi suatu menu khusus untuk masyarakat disana terutama di pagi hari.
Dan produk kami ini tidak terikat dengan suatu jenis kelamin, karena dalam hal usaha makanan semua bisa merasakanya baik pria atau wanita tidak seperti beberapa produk yang hanya melakukan sasaran penjualan kepada satu jenis kelamin saja, contoh seperti kosmetik dimana tujuan utama pembelinya adalah para kaum perempuan atau wanita.
Sesuai penjelasan pada alinea pertama bahwa penikmat serabi berkisar dari umur 6-60 tahun,kami dapat meberi penjelasan bahwasanya pencinta serabi ini bsai dari kalangan apa saja baik masih yang berstatus bersekolah bisa disebut juga anak-anak dan remaja,bisa juga kami simpulakn penikmat serabi ini dari kalangan pekerja atau orang tua.Semua kami dapat simpulkan mengapa makanan ini bisa menjadi begitu bersahaja dengan semua kalangan.Mungkin makanan ini menjadi khas turun temurun dan juga memiliki cita rasa yang begitu enak sehingga siapa saja menyukainya.
Jika setiap pembeli yang seperti kami jelaskan diatas sangat bervarian, berarti dalam setiap pembeli memiliki cabang atau bisa disebut keluarga. Jika 1 pembeli membeli beberapa biji serabi ada kemungkinan serabi ini untuk keluarga ataupun teman-temanya.Jadi bisa disimpulkan untuk beberapa pembeli membeli untuk keluarga dan teman-teman dan biasanya dalam jumlah yang tidak sedikit dan itu menambah pelanggan yang nantinya akan menyebar dan menjadi lebih luas lagi.

3. Secara Psikografis
menejlaskan tentang kepribadian.Segmentasi ini sangat sangat menjadi pengaruh karna jika tidak mengetahui kepribadian dan gaya hidup konsumen dimana kami akan membuat tempat usaha, bisa mebuat suatu kegagalan dan kehancuran yang secara tdiak langsung dan perlahan.Tapi untungnya kami melihihat kepribadian dan gaya hidup masyarakat sekitar kami berjualan nanti itu secara umum kami gambarkan yaitu kepribadian yang bersahaja dan memiliki gaya hidup yang sederhana tidak lupa mereka juga memiliki kesitian tersendiri terhadap kebudayaan terutama di bidang kuliner.Jadi kami anggap usaha ini cocok untuk kami jalani di daerah tersebut.